Minggu, 09 Desember 2012

Content management system (cms)


Content management system (CMS) adalah sebuah program komputer yang memungkinkan penerbitan konten, mengedit dan memodifikasi serta pemeliharaan dari sebuah website.


Sistem Content management system (CMS) pertama  dikeluarkan pada akhir tahun 1990-an. CMS ini dirancang untuk menyederhanakan tugas kompleks menulis berbagai versi kode dan untuk membuat proses pengembangan website supaya lebih fleksibel. Platform CMS memungkinkan pengguna untuk mensentralisasi data editing, penerbitan dan modifikasi pada antarmuka back-end.

Biasanya Content management system (CMS) terdiri dari beberapa elemen.

  1. Konten aplikasi manajemen (Content Management Application [CMA]) adalah front-end user interface yang memungkinkan memberikan kemudahan  pada penggunannya dalam mengelola isi sebuah website dinamis tanpa harus mempunyai pengtahuan yang kompleks tentang pembuatan sebuah website, bahkan dengan keahlian yang terbatas, untuk menambah, memodifikasi dan menghapus konten dari situs Web tanpa campur tangan seorang Webmaster.
  2. Aplikasi Pengiriman isi (Content Delivery Application [CDA]). Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan (wikipedia).

Pemanfaatan CMS


  1. Situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  2. Portal
  3. Galeri foto
  4. Aplikasi E-Commerce / Toko online.
  5. Mengelola website pribadi / blog.
  6. Situs web pembelajaran daring (Inggris: e-learning)
  7. Dan lain-lain.


Contoh Content management system (CMS):
PORTAL:
JoomlaDrupal Concrete5 , CMS Made SimpleZikulaMODxe107PhpnukeWebsite BakerPHP-FusionTypo3XoopsTiki Wiki CMS GroupwarePliggPyroCMSGeeklogMamboSubrionContaoocPortalsNews, dan buaaaanyak lagiiihhhh hikssss kebanyakan milihnya. hehehe ampun gan .:)

BLOG :
WordPressOpen BlogDotclearSerendipityb2evolutionTextpatternPixieLifeTypeNucleusChyrpeggBlogPivotX.

FORUM :
 phpBBSimple Machines ForumMyBBAdvanced Electron ForumsVanillaPunBBXMBPhorumFluxBBbbPressFUDforumminiBB.

IMAGES GALLERIES:
GalleryPiwigoCoppermineZenPhotoTinyWebGalleryphpAlbum4imagesShutter.

WIKIS :
MediaWikiDokuWikiWikkaWikiPmWiki,

SOSIAL NETWROKING :
DolphinJcowElggOxwall,  EtanoPeoplePods.


E-COMMERCE (TOKO ONLINE) :
PrestaShopOpenCartWHMCSMagentoosCommerce, Zen CartTheHostingToolTomatoCartAvactisBoxBillingAbanteCartPHP Point Of SaleQuick.CartAlegroCart,  phpCOINCubeCartZeuscart.

MUSIK :
kPlaylist, Podcast GeneratorAmpJuke.

VIDEO :
ClipBucketVidiScriptvideoDBViperwolf.


ASVERTISING MANAGEMENT :
OpenClassifieds,  Noahs ClassifiedsOpenXOSClass.

POLLS & SURVEYS :
PiwikLimeSurvey,   Aardvark TopsitesEasyPollSimple PHP PollLogaholic,  Open Web Analytics.

MANAGAMENT PROJECT :
Feng Office, eyeOS, Collabtive, dotProject, ProjectPier, Mantis Bug Tracker, PHProjekt, qdPM, The Bug Genie, phpCollab, Mound, Eventum, Eventum, Traq.

FILE MANAGEMENT :
ownCloud, PHPfileNavigator, ProjectSend, Arfooo, AjaXplorer, eSyndiCat.

jadi silahkan pilih CMS yang sesuai kebutuhan anda. hehe ga semua ya gan lumayan pegel .... sisanya boleh nyari di mbah google deh hehehehehe








Tidak ada komentar:

Posting Komentar