Rabu, 12 Desember 2012

Apa yang bisa PHP lakukan?

Apa saja yang berhubungan dengan website. PHP terutama difokuskan pada server-side scripting, sehingga Anda dapat melakukan apa saja, seperti mengumpulkan data, menghasilkan konten dinamis halaman, atau mengirim dan menerima cookies. dan banyak  lagi.

Ada tiga bidang utama di mana skrip PHP yang digunakan. 

  • Server-side scripting. Ini adalah bidang paling tradisional dan target utama untuk PHP. Anda membutuhkan tiga hal untuk membuat karya ini. PHP parser (CGI atau server module), sebuah webserver dan web browser. Anda harus menjalankan webserver, dengan instalasi PHP terhubung. Anda dapat mengakses output program PHP dengan web browser, melihat halaman PHP melalui server. Semua ini dapat berjalan pada komputer rumah Anda jika Anda hanya bereksperimen dengan pemrograman PHP. Lihat bagian instalasi instruksi untuk informasi lebih lanjut. 
  • Baris perintah scripting. Anda dapat membuat script PHP untuk menjalankan tanpa server atau browser. Anda hanya memerlukan PHP parser untuk menggunakannya dengan cara ini. Jenis ini sangat ideal untuk penggunaan skrip dijalankan menggunakan cron secara teratur (di * nix atau Linux) atau Task Scheduler (di Windows). Script ini juga dapat digunakan untuk tugas-tugas pengolahan teks sederhana. Lihat bagian tentang penggunaan baris perintah PHP untuk informasi lebih lanjut. 
  • Menulis aplikasi desktop. PHP mungkin bukan bahasa yang sangat terbaik untuk membuat aplikasi desktop dengan antarmuka pengguna grafis, tetapi jika Anda tahu PHP sangat baik, dan ingin menggunakan beberapa fitur lanjutan PHP dalam aplikasi Anda sisi klien Anda juga dapat menggunakan PHP-GTK untuk menulis seperti program.

PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi utama, termasuk Linux, banyak varian Unix (termasuk HP-UX, Solaris dan OpenBSD), Microsoft Windows, Mac OS X, RISC OS dan mungkin orang lain. PHP juga mendukung kebanyakan web server sekarang. Ini termasuk Apache, Microsoft Internet Information Server, Personal Web Server, Netscape dan server iPlanet, Oreilly Website Pro server, Caudium, Xitami, OmniHTTPd, dan banyak lainnya. Untuk sebagian besar server PHP memiliki modul, untuk yang lain mendukung standar CGI, PHP dapat bekerja sebagai pemroses CGI.

Jadi dengan PHP, Anda memiliki kebebasan untuk memilih sistem operasi dan web server. Selain itu, Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan pemrograman prosedural atau object oriented programming, atau campuran dari mereka

Dengan PHP Anda tidak terbatas pada output HTML. kemampuan PHP termasuk keluaran gambar, file PDF dan bahkan film Flash (menggunakan libswf dan Ming) yang dihasilkan dengan cepat. Anda juga dapat dengan mudah membuat output teks, seperti XHTML dan file XML lainnya. PHP dapat autogenerate file-file, dan menyimpannya dalam sistem file, membentuk sebuah cache server-side untuk konten dinamis Anda.
Salah satu fitur yang paling kuat dan paling signifikan dalam PHP adalah dukungan untuk berbagai database. Menulis sebuah halaman web database-enabled adalah sangat sederhana. Database berikut adalah beberapa pendukung saat ini :
Adabas DInterBasePostgreSQL
dBaseFrontBaseSQLite
EmpressmSQLSolid
FilePro (read-only)Direct MS-SQLSybase
HyperwaveMySQLVelocis
IBM DB2ODBCUnix dbm
InformixOracle (OCI7 and OCI8) 
IngresOvrimos 

PHP juga memiliki dukungan untuk berbicara dengan layanan lain menggunakan protokol seperti LDAP, IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, COM (di Windows) dan lain-lain yang tak terhitung jumlahnya. Anda juga dapat membuka soket jaringan mentah dan berinteraksi menggunakan protokol lainnya. PHP memiliki dukungan untuk pertukaran data WDDX kompleks antara hampir semua bahasa pemrograman Web. Berbicara tentang interkoneksi, PHP memiliki dukungan untuk Instansiasi Jawa objek transparan dan menggunakan mereka sebagai objek PHP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar